Perbandingan Processor Intel dan AMD

Written By Unknown on Selasa, 10 September 2013 | 08.03

Mungkin diantara kalian sudah ada yang mengenal Processor Intel dan AMD ?        
atau mungkin sudah ada yang menggunakan kedua Processor ini. Tapi apakah kalian mengetahui apa perbedaan dari Intel dan AMD itu. Pertanyaan klasik yang sering kalian dengar, entah dari teman, kerabat atau dari dunia maya yaitu : bagus mana antara prosesor AMD VS Intel untuk bermain game? Nah  jawabanya adalah tergantung dana kita, kebutuhan dan spesifikasi komputer yang akan digunakan untuk bermain game itu sendiri.
 Nah berikut ini admin ingin memberikan sedikit informasi mengenai Perbandingan Processor Intel dan AMD, dilihat dari segi kelebihan dan kekurangan, serta dari segi performa dan harga.


 Intel

Intel bisa dikatakan sebagai pabrikan processor tersukses saat ini. Intel jauh lebih dikenal dibandingkan pesaingnya yaitu AMD. Intel memang memiliki kualitas yang baik dari segi performa. Intel juga cocok digunakan untuk aplikasi berat , contohnya : Photoshop, Corel draw dan multitasking. Namun, dibandingkan dengan pesaingnya, harga processor Intel beserta perangkatnya jauh lebih mahal dengan tingkatan level yang sama dengan AMD.  Processor Intel  tidak mudah panas, bahkan prosessor mereka yang berlabel ekstrim memiliki harga yang super mahal.

AMD

Kurang dikenal oleh sebagian orang menjadi salah satu kelemahan AMD. Nama mereka terlanjur tenggelam di bawah nama Intel yang jauh lebih terkenal. Dari segi performa, AMD cocok diperhitungkan. Dibandingkan Intel yang mengeluarkan processor berkualitas super  tetapi dengan harga yang tidak masuk akal, sedangkan AMD mampu memberikan processor yang performa dan harga seimbang. AMD memiliki varian processor yang low cost, tapi memiliki kinerja yang baik bahkan mampu menyaingi processor dari Intel. Tetapi kekurangannya relative lebih panas dibanding dengan Intel.  Selain itu AMD juga masih memiliki kekurangan dari konsumsi daya mereka lebih besar dibandingkan processor Intel dengan tingkatan yang sama.

Untuk menambah beberapa Referensi, admin akan membagi sedikit artikel dari :http://fhirman-ilham.blogspot.com

Berikut Beberapa perbedaan, keunggulan dan kekurangan prosesor Intel dan AMD :
  • Set instruksi pada Intel adalah MMX, SSE,SSE2, dan SSE3, tetapi pada AMD SSE2 dan 3DNow. Tetapi dari sekian banyak istruksi yang dipakai oleh intel sebetulnya telah ada dalam 3DNow-nya AMD yang tidak dimiliki oleh Intel.
  • L1 pada Intel maksimal 32K, sedang pada AMD adalah 128K. Bedasarkan beberapa test AMD dengan L1 128K lebih unggul dibanding dengan Intel.
  • Banyak transistor pada Intel 100 milyar sedang AMD 105 milyar.
  • Banyaknya Decoder, Integer, FP pada intel lebih sedikit dibanding AMD yang secara signifikan perbedaan tersebut meningkatan kinerja dari AMD.
  • Temperatur pada Intel dapat diatur oleh processornya sendiri (processor akan mengurangi kecepatan jika processor terlalu panas), pada AMD64
  • temperatur maksimum adalah 900C. Teknologi Intel lebih unggul dibanding AMD.
  • AMD lebih unggul dalam pengolahan komunikasi aplikasi, seperti transfer data pada modem, ADSL, MP3, dan Doubly Digital Suround Sound.
  • Pipeline pada intel lebih panjang dibanding dengan AMD, tetapi pipeline Intel bermasalah pada pertukaran tugas, sehingga pipeline intel kecepatannya
  • melambat berada dibawah AMD.
  • Intel menang di brand image dan marketnya, sedangkan AMD harganya yang lebih murah.
  • paling tidak prosesor Intel tidak cepat panas.
Kesimpulan

Jadi Intel menyediakan processor yang super kencang, bahkan AMD belum mampu menandinginya. Tapi semua itu harus dibayar dengan harga yang selangit. Sedangkan AMD mengeluarkan processor dan harga yang seimbang. Meski belum mampu menandingi processor Intel. Manakah processor yang terbaik? Untuk saat ini, dari segi performa, kualitas dan nama, Intel boleh juaranya. Tapi untuk processor yang performa dan harga seimbang, AMD lebih cocok. Tetapi semua tergantung kepentingan masing-masing. Bagi yang memiliki budget tak terbatas dan membutuhkan processor untuk aplikasi berat Intel lebih cocok dibanding AMD dengan performa yang sama. Sedangkan bagi yang memiliki low budget dan merupakan computer gaming. AMD lebih cocok dibanding Intel. Namun, perkembangan teknologi sulit ditebak. Bukan berarti di masa depan kondisi ini akan tetap bertahan.

Sumber Bahan Materi :

1. RSC Komputer

2. http://fhirman-ilham.blogspot.com

"Sekian ulasan yang admin berikan mengenai Perbandingan Processor Intel dan AMD pada postingan selanjutnya admin akan memberikan gambaran serta menganalisa mengenai processor Intel dan AMD  jika spesifikasinya sama (Sejenis)"

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
bayu standort